Walk through survey (Survey jalan sepintas)

walk through survey
Setiap lingkungan kerja mempunyai resiko bahaya masing-masing baik itu dari segi bahan atau kondisi lingkungan kerja. adanya bahaya tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi pekerja yang terpajan.

Kategori bahaya lingkungan kerja

  1. –FISIK à BISING, TEKANAN PANAS, RADIASI
  2. –KIMIA à GAS, UAP, DUBU, UAP
  3. –BIOLOGI à KUMAN, BAKTERI, BINATANG
  4. –ERGONOMI à KETIDAK SESUAIAN PERALATAN DENGAN UKURAN TUBUH
  5. –PSIKOLOGi

Walk Through survey atau survey jalan sepintas adalah survey yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang bahaya-bahaya dilingkungan kerja dengan cara yang sederhana dan dalam waktu yang singkat.

Upaya ini dilakukan untuk mengumpulkan data untuk kepentingan penilaian secara umum dan dengan analisa yang sederhana.

Pemeriksaan yang dilakuakn untuk mengumpulkan data yakni:

  1. PEMERIKSAN  SEDERHANA DAN UMUM
  2. PEMERIKSAAN  UNIT KERJA SECARA KESELURUHAN
  3. HASILNYA  PERENCANAAN DAN PEMBUATAN PROGRAM BARU
  4. HASILNYA à MENENTUKAN PRIORITAS TINDAKAN
  5. DILAKSANAKAN à LINGKER BARU OPERSI, ULANGAN à > 1 TAHUN

Tujuan :

  • MEMAHAMI PROSES PRODUKSI, DENAH TPT KERJA
  • MENDENGARKAN PANDANGAN PEKERJA DAN PENGAWAS K3
  • MEMAHAMI PEKERJAAN DAN TUGAS PEKERJA
  • MENGANTISIPASI DAN MENGENAL BAHAYA LINGKER
  • MENGINVENTARISI UPAYA K3 à KEBIJAKAN, PENGENDALIAN, PEMENUHAN PERUNDANG-UNDANGAN

index

Sebelum dilakukan survey, pihak yang akan melaksanakannya harus melakukan obi terlebih dahulu dengan manajemen untuk membuat perencanaan. kemudian dimulai dengan penggalian mengenai industri atau tempat yang akan dilakukan survey jalan sepintas. menentukan maksud dan tujuan survei agar survei lebih terarah ke pokok inti pemeriksaan. Melakukan diskusi mengenai kebijakan perusahaan tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3), membicarakan mengenai proses produksi, denah perusahaan, pengaturan pekerja, populasi pekerja, pandangan pimpinan dan pekerja tentang K3, dan data pelaporan. Perlu juga diketahui mengenai daftar semua bahan dasar dan kimia yang digunakan di industri, daftar peralatan yang digunakan, daftar produk dan produk sampingan.

Pada saat dilakukan survey, penilai akan ditemani oleh petugas dan akan membawa catatan kecil untuk menuliskan hal-hal yang penting sehingga dapat memudahkan dan mempersingkat waktu

setelah dilakukan survey dan mendapat informasi yang cukup, penilai akan mendiskusikan dan memberikan penjelasan tentang kondisi tempat kerja. Dari penjelasan tersebut akan dijelaskan mengenai bahaya yang ada di tempat kerja dan memberikan saran-saran mengenai cara mencegah bahaya lingkungan kerja agar tidak mencelakai pekerja.

 

Kategori Artikel Kedokteran :: Kata Kunci: , , , , , ,aspilet lama kerja, cara kerja ringer laktat, denahposkesdes, indikasi ringer laktat0 Komentar

Leave a Reply

Baca Juga Artikel Menarik Ini close