LIPOMA

Definisi:

Lipoma merupakan tumor mesenkim jinak (benign mesenchymal tumors) yang berasal dari jaringan lemak (adipocytes).

Variant Lipoma:

1. Adenolipoma, variasi lipoma di payudara. Seringkali memiliki komponen marked fibrotic. Biasanya dianggap sebagai hamartoma.
2. Angiolipoma mengandung banyak pembuluh darah kecil.
3. Lipoma jantung (cardiac lipomas) dapat mengapur mengikuti nekrosis lemak.

Manifestasi Klinis:

Lipoma seringkali tidak memberikan gejala (asymptomatic).

Gejala yang muncul tergantung dari lokasi, misalnya:
• Pasien dengan lipoma kerongkongan (esophageal lipoma) dapat disertai obstruction, nyeri saat menelan (dysphagia), regurgitation, muntah (vomiting), dan reflux. Esophageal lipomas dapat berhubungan dengan aspiration dan infeksi saluran pernapasan yang berturutan (consecutive respiratory infections).
• Lipoma di saluran napas utama (major airways) dapat menyebabkan gagal napas (respiratory distress) yang berhubungan dengan gangguan bronkus (bronchial obstruction). Pasien datang dengan lesi parenkim (parenchymal lesions) atau endobronchial.
• Lipoma juga sering terjadi pada payudara, namun tak sesering yang diharapkan mengingat luasnya jaringan lemak.
• Lipoma di usus (intestines), misalnya: duodenum, jejunum, colon dapat menyebabkan nyeri perut (abdominal pain) dari obstruksi atau intussusception, atau dapat menjadi jelas melalui perdarahan (hemorrhage).
• Lipoma jantung (cardiac lipomas) terutama berlokasi di subendocardial, jarang intramural, dan normalnya tidak berkapsul (unencapsulated). Terlihat sebagai suatu massa kuning di kamar/bilik jantung (cardiac chamber).
• Lipoma juga dapat muncul di jaringan subkutan vulva. Biasanya pedunculated dan dependent.

Indikasi:

• Lipoma dihilangkan dengan alasan sbb:
o kosmetika (jenis subcutaneous lipomas)
o untuk evaluasi jaringan (histology)
o bila disertai gejala
o saat tumbuh, membesar, lebih dari 5 cm.

Terapi:

Terapi Medis:

• Terapi medis termasuk eksisi endoskopik tumor di traktus gastrointestinal bagian atas (misalnya: esophagus, perut (stomach), dan duodenum) atau colon.

Terapi Pembedahan (Surgical therapy):

Pembedahan (complete surgical excision) dengan kapsul sangatlah penting untuk mencegah kekambuhan setempat (local recurrence).

Terapi tergantung lokasi tumor.

Pada lokasi yang tidak biasanya, pemindahan lipoma menyesuaikan tempatnya.

• Pemindahan setempat diindikasikan pada lipoma di dekat saluran nafas utama (major airways). Lipoma paru-paru memerlukan resection parenkim paru-paru atau saluran pernafasan yang terlibat (the involved airway).
• Pemindahan setempat (Local removal) diindikasikan pada lipoma usus (intestinal lipomas) yang menyebabkan obstruction.
• Jika lipoma esophagus tidak dapat dipindahkan dengan endoskopi, maka diperlukan pembedahan (surgical excision).
• Lipoma pada payudara (breast lipomas) dihilangkan jika pada dasarnya meragukan.
• Lipoma usus, khususnya duodenum, sebaiknya dihilangkan baik secara endoskopi maupun pembedahan karena dapat menyebabkan obstruction, jaundice, atau perdarahan (hemorrhage).
• Lipoma pada vulva dapat dihilangkan di tempat (locally excised).

Catatan:

Lipoma terjadi pada 1% populasi.

Lipoma merupakan tumor jaringan lunak (soft tissue tumor) yang paling umum dijumpai.

Liposuction dapat dikerjakan pada lipoma kecil di wajah (small facial lipomas) karena alasan estetika.

Liposuction diindikasikan untuk perawatan lipoma sedang atau medium (misalnya, 4-10 cm) dan besar (large) (misalnya, >10 cm). Pada lipoma yang kecil, tidak ada keuntungan yang dilaporkan karena tumor dapat diekstraksi (extracted) melalui irisan kecil (small incisions).

Kategori Info Penyakit :: Kata Kunci: , , ,gejala lipoma, lipoma adalah, penyakit lipoma, laporan pendahuluan lipoma, pengertian lipoma, penyebab lipoma, bahaya lipoma dikepala, artikel eksisi kedokteran, lipoma pdf, pengertian benign mesenchymal, pengertian soft tissue tumor pedis, patwey lipoma p[ayudara, mengenal bahaya lipoma diperut, lipoma di paru, letak livom dan pengertian livom, kanker lipoma, definisi lympoma di abdomen, definisi lipoma, bahaya lipoma, penyebab lipoma adalah0 Komentar

Leave a Reply

Baca Juga Artikel Menarik Ini close