MEDITASI SEDERHANA


Meditasi Sederhana di Segala Suasana

Meditasi Sambil Mandi (Barbara Ann Kipler dalam buku Self Meditations)

  1. Rasakan air dari pancuran (shower) menetes dikepala. Tarik nafas dalam 3 kali.
  2. Berikan perhatian pada rasa dan semprotan air, aroma sabun, shampoo dan bunyi air yang menetes dilantai.
  3. Bayangkan Anda membawa masalah-masalah Anda kepermukaan kulit dan membasuhnya. Pejamkan  mata dan perlahan-lahan ucapkan kalimat dengan bersuara ” Saya merasa segar”. Ulangi 3 kali.
  4. Fokuskan pada setiap kata dan nikmati  perasaan tenang dan bersih sebelum keluar kamar mandi.

Meditasi Sambil Jalan Kaki (Henry Emmons MD dalam The Chemistry of Joy)

  1. Sebelum keluar rumah berdiri tegak dan tarik nafas dalam.
  2. Jalan perlahan. Rasakan lutut menekuk dan lurus kembali, pinggul bergerak dan berputar, tumit dan mata kaki bergerak dan menapak ditanah. Jika pikiran lari kemana-mana atau muncul pikiran yang mengganggu, terima lalu lepaskan.
  3. Fokus hanya  pada jalan Anda selama 10 menit. Berhubungan dengan tubuh Anda membuat Anda merasa tenang ketika kembali ke rumah.

Meditasi di Meja Kerja (Margo Adair dalam buku Working Inside Out)

  1. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam 5 kali. Fokuskan pada hembusan nafas. Bayangkan tugas yang akan Anda selesaikan.
  2. Pertimbangkan cara-cara dan kreativitas yang akan digunakan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Evaluasi sumber daya Anda akan membantu Anda menata semua upaya Anda sehingga tugas bisa diselesaikan secara baik.
  3. Sebelum membuka mata dan mulai bekerja, bayangkan tugas itu berhasil diselesaikan. Dan Anda akan bisa menyelesaikannya.
  4. Meditasi di dalam mobiL
  1. Kerutkan dahi dan tahan selama 3 hitungan, lepaskan dan tarik nafas dalam. Lakukan 2 kali.
  2. Lakukan hal yang sama pada setiap bagian tubuh. Kencangkan dan lemaskan mata, mulut, bahu, lengan, dan terus kebagian bawah.
  3. Duduk hening, rasakan betapa rileksnya otot-otot Anda dan pikiran Anda.rasakan Anda bisa tenang ditengah kemacetan lalu lintas.

Cara Sederhana agar Selalu Bahagia.

Menurut John F. Demartini dalam bukunya Count Your Blessing adalah dengan menemukan segala sesuatu yang membuat kita berterima kasih. Orang yang berterima kasih mempunyai lebih banyak energi dan optimisme, dan tidak terlalu mencemaskan masalah atau kesulitan-kesulitan hidup. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

  1. Jadikan berterima kasih sebagai kebiasaan.

Sebelum turun dari ranjang setiap hari, ambil waktu beberapa detik untuk merenungkan hal-hal yang Anda syukuri. Misalnya, sinar matahari yang menerobos melalui tirai jendela, lagu favorit yang sedang dilantunkan radio Anda. Hal ini dapat membuat Anda mengawali hari baru Anda dengan sikap bersemangat dan positif.

Tip : lakukan hal yang sama ketika Anda akan tidur dimalam hari dan Anda akan tertidur dengan rasa lebih bahagia.

  1. Syukuri hal-hal kecil.

Hal-hal besar, contohnya kenaikan gaji, mobil bagus, perhiasan mahal dan lain-lain memang bisa membuat senang. Tapi jangan anggap remeh hal-hal kecil yang membuat hidup Anda terasa istimewa, saat-saat berharga seperti ketika anak Anda tertawa memperlihatkan gigi ompongnya atau secangkir teh hangat.

  1. Ucapkan 2 kata.

Selalu ingat untuk mengucapkan dua kata ini “ Terima Kasih “. Studi- studi membuktikan mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain membuat kita merasa lebih senang. Bukan hanya selama beberapa jam atau beberapa hari, bahkan selama beberapa minggu.

  1. Buat jurnal.

Oprah Winfrey membuat jurnal ucapan terima kasih atau ucapan syukur. Anda juga bisa melakukan hal serupa. Setiap hari tuliskan beberapa hal yang berjalan lancar dan baik. Studi menunjukkan, saat kita melakukan hal ini selama 5 menit, kita akan merasa lebih optimis dan berkemungkinan lebih besar untuk mencapai tujuan-tujuan kita.

Kategori Artikel Kesehatan :: Kata Kunci: , , ,buku hipertensi pdf, cara membuat h2o2, cara mencampur larutan H2o20 Komentar

Leave a Reply

Dijual Cepat **
BTN ASABRI, MAROS

************
Baca Juga Artikel Menarik Ini close