TERAPI MUAL DAN MUNTAH PADA KEHAMILAN (MORNING SICKNESS)


Penatalaksanaan awal bagi pasien dengan mual dan muntah pada kehamilan atau morning sickness adalah menghindari makanan yang berbau terlalu merangsang. Makan sebaiknya sering dan sedikit-sedikit. Hindari makanan yang berlemak dan mengurangi minum kopi dan bersoda. Selain itu yang terpenting dalam pasien dengan kondisi ini adalah pengendalian diri.

Jika mual muntah yang terjadi telah menyebabkan muntah-muntah sampai terjadi hiperemis gravidarum dan pasien mengalami dehidrasi, pasien perlu perawatan di rumah sakit untuk pemberian terapi cairan.

Jika dengan terapi non-medikamentosa tidak berhasil, obat dapat diberikan dengan beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain masalah keamanan obat, efikasi yang telah disetujui dan cost efektif.

Obat-obatan yang dapat diberikan, jika keluhan ringan dapat diberikan kombinasi pyridoxine (vitamin B6) dengan pyrathiazine teoklat. Obat-obat lain yang dapat digunakan untuk mengatasi mual muntah pada kehamilan antara lain ondansentron, metoklopramid, difenhidramin. Dalam keadaan berat pemberian kortikosteroid dapat dipertimbangkan.

Kategori Artikel Kedokteran :: Kata Kunci: , , , , , ,mual muntah pada hipertensi, mekanisme patofisiologi batu ginjal, angka kejadian morning sickness, mekanisme tejadinya mual muntah pada hipertensi, terapi morning sickness, proses terjadinya mual muntah pada hipertensi, patofisiologi mual dan muntah pada ureterolithiasis, muntah pada hipertensi, mual pada malaria, apa maksud proyektil dalam ilmu kedokteran, mengapa pd hipertensi mual tidak muntah, mekanisme terjadinya mual muntah pada ureterolithiasis, fisiologi muntah pdf, hubungan hipertensi dengan mual, makalah morning sicness, kenapa terjadi mual muntah pada hipertensi, kaitan hipertensi dengan hiv, hubungan mual dengan hipertensi0 Komentar

Leave a Reply

Dijual Cepat **
BTN ASABRI, MAROS

************
Baca Juga Artikel Menarik Ini close